Jumat, 09 Desember 2011

LANGSING SETELAH MELAHIRKAN



 Khawatir menjadi gemuk setelah melahirkan agaknya ketakutan yang ’wajar’ pada ibu muda yang tengah merencanakan untuk hamil.
Pasalnya, sudah banyak ’contoh’ bahwa perempuan yang baru melahirkan akan mengalami kenaikan berat badan relatif besar daripada berat sebelum hamil.
                                 
Sebenarnya tak perlu khawatir berlebihan menyikapi hal ini.
 Ada beberapa penelitian yang mengungkap, bahwa aktivitas menyusui bayi bisa membantu ibu menurunkan berat badan secara berkala selama 12 bulan setelah melahirkan. Dalam  proses tersebut, sejumlah hormon akan dilepaskan, dan hormon tersebut akan membantu uterus (rahim) untuk mengembalikan tubuh ke bentuk dan ukuran semula seperti  sebelum masa kehamilan.

 Di masa kehamilan, tubuh akan mengalami kenaikan berat  badan rata-rata 22 - 30 kg.
Jika Anda mengalami hal ini, dianjurkan untuk mengurangi berat badan 1 kg/minggu pascamelahirkan. Tapi, jika kenaikan berat badan melebihi 22 - 30 kg, maka Anda diperbolehkan mengurangi berat badan hingga lebih dari 2 kg/minggu. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan agar penurunan berat badan ini tidak mengganggu kualitas dan kuantitas ASI.

Walau menyusui merupakan cara alami untuk menurunkan berat badan, sebaiknya jangan hanya mengandalkan cara ini. Lakukan program penurunan berat badan yang mendukung, seperti; mencermati konsumsi makanan dan berolahraga sesuai kemampuan tubuh.

Jadi apa yang mesti Anda perhatikan jika saat ini Anda baru melahirkan dan ingin melakukan penurunan berat badan? (conectique.com)

Tidak ada komentar: